Jumat, 31 Desember 2010

PEMENANG YANG TAK JUARA

Inilah sebutan yang mungkin pantas buat Timnas Indonesia dalam Final Leg 2 AFF 2010. Dalam pertandingan Leg ke 2 melawan Malysia tersebut, Timnas kita telah membuktikan kekuatannya dan bertanding seoptimal mungkin. Walaupun akhirnya kalah karena hasil pertandingan Leg 1 yang cukup mengecewakan di Bukit Jalil, Malaysia. Tapi pertandingan final leg ke 2 itu membuktikan bahwa merekalah pemenang sejati, menang dengan supportif.

Mereka tak hanya membuat Garuda mengepakkan sayapnya, bahkan mereka berhasil menyatukan seluruh masyarakat Indonesia dalam satu warna, Merah dan Putih. Tidak ada warna lain, hanya Merah Putih.

Inilah Putra-Putra kebanggan Indonesia, Pemenang yang sesungguhnya, PEMENANG YANG TAK JUARA:

Read Comments

Sabtu, 25 Desember 2010

KECIL-KECIL PUNYA KARYA (KKPK)


Gue inget pertama kali waktu adik gue tahu buku ini, seneng banget dia. Buku-buku ini menumbuhkan minat baca dari adik gue bahkan jadi hobi mengoleksi semua buku ini. yaaa...mudah-mudahan bikin dia termotivasi buat bikin karangan kaya gitu juga (amiinnn...). Adik gue ini orangnya terlalu baik, Dia paling suka minjemin bukunya ke teman-temannya. Dia yang seneng, tapi gue yang gregetan. Soalnya gue gag suka ada yang minjem terus dibalikinnya dalam keadaan lecek. =( Yaaaa...gue tahuu sih namanya juga bocah yang baca, jadi mau diapain lagi. Palingan gue agak ngomel-ngomel dikit. Hhe... Oh iya, bagi yang belum tahu apa itu KKPK (O.0)??, gue jelasin yaa... KKPK adalah buku-buku hasil karangan dari anak-anak berusia belia. Masih kecil-kecil, makanya namanya KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya). Cerita-ceritanya pun dikemas dengan ringan. Bahkan memiliki isi pelajaran yang baik untuk perkembangan anak-anak. Tidak seperti novel teenlit atau remaja lainnya. Oleh karena itu, gue mauu menyarankan, buat orang tua yang punya anak dalam masa perkembangan, mendingan beli deh buku ini. Banyak pelajaran dari cerita-cerita juga dalam buku ini, setidaknya bisa menumbuhkan minat baca dari anak-anaknya. (^_^)
Read Comments

Minggu, 19 Desember 2010

WHEN I WAS A CHILD part 1

Have you ever remember about everything that happened when you were a child?? I wanna share some memories about my childhood...maybe some of you ever feel same like me...

1. Rambut Nenek

Ini dia arum manis yang ditaruh di antara 2 "krupuk" tipis warna pink atau kuning. Bedanya sama gulali, rambut nenek ini gag pake pewarna. warnanya itu agak putih lah, persis rambut nenek. mungkin karena itu dinamain rambut nenek. Kebetulan deket kampus saya ada kakek-kakek yang jual dan sampai sekarang saya termasuk pelanggan tetap loh. Gag kebayang deh kalo tuh kakek udah gag ada (y Allah panjangkanlah umur si kakek..) dan gag ada penerusnya, mauu beli dimana lagi. Padahal sekarang ini, penjual rambut nenek tradisional mulai sulit ditemui di Jakarta. Tak jarang, generasi muda tak mengenal jajanan tradisional kreasi orang Indonesia ini. Padahal ini merupakan salah satu kekayaan budaya negeri ini.


2. Coklat Payung

Kalo inget sama coklat yang satu ini, benar-benar lucu. Coklat yang berbentuk payung, yang dibungkus kertas warna-warni yang dulu berharga 50 rupiah. Sekarang pun coklat payung itu masih bisa kita temukan di beberapa warung seharga 500/ 3 coklat payung. Masih harga yang wajar menurut gue. Walaupun coklat payung ini kita kenal sebagai khas jajanan anak SD, namun sekarang coklat payung ini terkenal di Arab bahakan negara Timur lainnya. Bahkan warga Indonesia yang dari sana pun kerap membawa oleh-oleh coklat ini. Sungguh berbangga hatilah kita sebagai warga Indonesia!!

3. Anak Mas

Gue dulu suka banget beli jajanan ini, Mie remes yang dimakan dengan meremes-remes mie, lalu bumbunya dimasukkan kedalam mie yang udah diremes ini enak banget dibuat cemilan. Tapi sekarang, kemana yaa anak mas ini?? Gag pernah lagi gue lihat di warung-warung.



4. Wafer Coklat Superman
Ini juga salah satu jajanan khas SD yang bergambar superman lagi terbang di bungkusnya, makanya jajanan ini dikenal dengan "wafer superman". Sekarang pun gue masih bisa menemukan wafer-wafer ini di jual di supermarket.




5. Balon Tiup





Beli balon tiup bisa dapet serauk. Ahahah...murah meriah jajanan yang satu ini, baunya yang khas. Ukurannya kecil terus isi balonnya bisa warna merah, putih, kuning, biru atau hijau dan kalo beli dapat sedotan kuning kecil gitu. Dulu suka deh balap-balapan sama teman siapa yang niupnya paling besar, bahkan sampai menutupi wajah. Awalny niupnya emang sedikit mengeluarkan tenaga, tapi kalo udah ngembang gampang banget buat ditiupnya.

6. Baju-bajuan/ orang-orangan
Entah apa namanya, gue juga engga tahu. Gue sih biasanya menyebutnya seperti nama di atas, ada juga yang menyebutnya bujuran. Jajanan satu ini terbuat dari kertas, yang didalamnya ada baju-baju, orang-orangan. kita harus mengguntingnya terlebih dahulu sebelum memainkannya. Nanti cara memainkannya, baju-bajuan itu dicopot, lalu dipasangkan ke orang-orangan. Karena semua terbuat dari kertas, jadi kita harus tetap memegangnya saat memainkannya.

7. Gambaran
Jajanan satu ini adalah kartu yang terbuat dari kertas bergambar tokoh-tokoh kartun atau jagoan di masa itu. Cara bermainnya mudah sekali, gambaran tersebut kita letakkan di telapak tangan, terus kita adu "tos" dengan teman kita. Menang dan kalahnya ditentukan dengan gambar dari tokoh yang menghadap ke atas, kalo terbalik berarti dia kalah dan harus diserahkan kepada lawan mainnya. Samapi sekarangpun masih banyak anak-anak yang memainkannya.



8. Abang-abang tukang game boy

Abang-abang ini mangkalnya di luar pagar sekolahan, menyewakan beberapa game boy. Kalau udah jam istirahat atau jam pulang sekolah, pasti banyak anak-anak yang nongkrongin, bahkan sampe lupa waktu. Kalo gag salah buatan Nintendo deh. Sekarang gag tahu lagi masih ada apa engga. Bisa jadi udah gag ada soalnya dikalahin sama rental-rental PS yang udah menjamur dimana-mana. Ketinggalan zaman kali ya!!

Read Comments

Jumat, 11 Juni 2010

Andre Surya – Nama Lokal, Prestasi Internasional

Iron Man. Terminator Salvation. Star Trek.

Penggemar film atau bukan, hampir semua orang mengenali judul film-film box office di atas. Tapi tahukah Anda bahwa salah satu yang ikut “bertanggung jawab” atas kecanggihan special effects film-film tersebut adalah seorang anak muda asli Indonesia?

Andre Surya

Perkenalkan, Andre Surya.
Namanya muncul di kredit film Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Iron Man 2, sebagai Digital Artist. Dia juga terlibat dalam pengerjaan film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Surrogates, dan Transformers: Revenge of the Fallen.

Pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1984 ini adalah satu-satunya digital artist asal Indonesia di divisi Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Lucasfilm sendiri adalah salah satu production company tersukses di dunia, yang didirikan tahun 1971 oleh George Lucas, sutradara Star Wars.

Pria yang kini berdomisili di Singapura ini sekarang sedang sibuk mengerjakan proyek film besar yang rencananya akan dirilis dalam waktu dekat. Tapi ia masih menyempatkan diri untuk berbincang dengan editor Yahoo! Indonesia supaya Anda semua bisa mengenalnya lebih dekat.

Coba ceritakan siapa itu Andre Surya.
Saya lahir di Jakarta, 1 Oktober 1984. Lahir dan dibesarkan di kota ini. Selain hobi main bola, saya juga punya ketertarikan di bidang 3D. Saat ini saya single dan tinggal di Singapore, bekerja di divisi Industrial Light and Magic Singapore di bawah Lucasfilm Singapore.

Belajar 3D dari mana?
Saya dulu kuliah di Untar, ambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Tapi kemudian saya dapat kesempatan untuk kerja di Polaris 3D, sebuah perusahaan advertising and architectural visualization di Jakarta. Setelah itu saya memutuskan untuk terus bekerja dan nggak melanjutkan studi saya di Untar. Jadi saya di Untar cuma satu tahun, terus lanjut ke Kanada untuk ambil diploma di bidang Film and Special Effects di Vanarts, sebuah sekolah film di Vancouver. Tapi sebagian besar pengetahuan dan keterampilan 3D justru saya pelajari sendiri tanpa training dan sekolah. Saya udah mulai mempelajari Computer Graphic sejak kelas 1 SMA. Jadi kalo dihitung, kira-kira 10 tahun yang lalu.

Apa aja prestasi yang udah pernah kamu capai?
Saya beberapa kali memenangkan penghargaan, baik lokal maupun internasional. Contohnya, gambar buatan saya yang berjudul Somewhere in the Sky pernah ditampilkan di CGOVERDRIVE, konferensi Computer Graphic terbesar di Asia. Gambar itu juga memenangkan Excellence Award di buku Elemental 2 terbitan Ballistic Publishing dan Best Artwork Awards di Indocg Showoff Book, sebuah buku kumpulan CG art Indonesia. Lalu gambar saya yang berjudul City of Enhasa juga memenangkan juara satu di Future World Contest di www.3dkingdom.org

Jelaskan dong seperti apa pekerjaan seorang digital artist.
Digital artist mengerjakan banyak hal seperti modelling, layout, lighting, dan compositing.
Modelling itu proses pembuatan model itu sendiri, seperti mobil, robot, dan sebagainya. Layout itu proses matching camera CG (computer graphics) dengan background aslinya. Lighting itu proses kreatif agar 3D yang di-produce terlihat menarik dan menyatu dengan background-nya aslinya dalam scope posisi cahaya. Sedangkan compositing itu proses penyatuan semua elemen yang ada.

Di dalam sebuah film, rata-rata ada lebih dari 70 orang digital artist, terutama bila film itu skala besar, seperti Iron Man 2. Saya bekerja dalam tim yang masing-masing punya skill dan role sendiri.

Apa yang membuat kamu tertarik untuk bekerja di bidang ini?
Karena ini hobi saya. Saya suka banget mengerjakan 3D dan saya juga dari dulu memang ingin bekerja di industri film. Buat saya ini adalah pekerjaan impian. Waktu masih kuliah, kadang-kadang saya mengkhayal bagaimana rasanya mengerjakan visual effects untuk sebuah film besar dan melihat nama kita muncul di credit title film itu. Sekarang semuanya udah benar-benar terwujud. It’s simply a dream come true!

Apa film pertama yang kamu kerjakan?
Proyek feature film pertama saya itu Iron Man. Film ini juga yang saya anggap sebagai batu loncatan. Di situ saya ngerjain bagian lighting saat Iron Man terbang pertama kali.

Bagaimana ceritanya sampai bisa bekerja untuk Lucasfilm?
Ceritanya lumayan panjang sih, dan nggak gampang juga. Sederhananya begini deh. Sejak wawancara pertama sampai akhirnya saya diterima kerja di Lucasfilm itu membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Awalnya saya wawancara di Ottawa, Kanada, lalu wawancara lewat telepon oleh Lucasfilm Singapore, lalu ada wawancara kedua, dan baru setelah itu lah saya dikabari bahwa saya diterima.

Waktu itu memang melamar ke Lucasfilm?
Saya ngelamar di Lucasfilm US sewaktu saya sudah lulus sekolah tapi dikarenakan visa kerja US yang cukup sulit dan mereka membuka studio di Singapore maka saya ditransfer kesana. Ada beberapa orang Indo yang kerja di Lucasfilm Singapore, terutama di bidang IT, games, dan TV series, tapi di bidang Visual effects untuk feature film (ILM), artistnya sekarang ini hanya saya satu-satunya yang orang Indonesia.

Somewhere in the Sky, gambar Andre yang banyak memenangkan penghargaan.

Apa keterampilanmu yang paling dibanggakan?
Saya paling suka lighting, dan and I feel that it’s my best skill.

Dari semua film yang pernah kamu kerjakan, yang mana yang paling berkesan?

Yang paling exciting adalah Transformers: Revenge of the Fallen, soalnya sebagian besar tugas saya di proyek itu adalah mengerjakan lighting.

Apa suka dan duka yang dialami sebagai digital artist?

The best part is, kamu melakukan hal yang paling kamu sukai, dan dibayar untuk itu. Plus, melihat nama kita terpampang di credits sebuah feature film ternama itu benar-benar hal yang tak ternilai. Kekurangannya…, jujur aja saya nggak bisa menemukan apa nggak enaknya jadi digital artist. Jadi jawabannya: there is no worst part of being digital artist for me.

Apa film favorit kamu?
Sampai saat ini sih Avatar masih jadi film favorit saya. Secara teknologi juga film ini yang menurut saya paling oke. Saya ingin suatu hari nanti bisa terlibat dalam proyeknya James Cameron.

Saat ini 3D sedang jadi trend di industri film. Menurut kamu, sampai berapa lama ini akan bertahan?
Saya rasa 3D akan bertahan cukup lama dan masih akan jadi trend hingga 10 tahun ke depan, atau bahkan lebih.

Menurut kamu, mungkinkah filmmaker Indonesia membuat film 3D dengan kualitas baik?
Saya yakin bisa. Saya sendiri kenal beberapa orang Indonesia yang sangat berbakat dan skill mereka juga bertaraf International. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan besar di bidang 3D di luar negeri. Kalau saja mereka semua balik ke Indonesia dan membuka satu perusahaan dengan kualitas standard International, dengan bakat dan skill yang mereka punya, saya rasa sangat memungkinkan bila Indonesia menghasilkan film-film dengan kualitas standard International.

*Ingin tahu lebih banyak tentang Andre Surya? Sila cek situs pribadi Andre Surya di http://www.as07.com atau langsung kirim email ke as07@hotmail.com

Read Comments

Sabtu, 29 Mei 2010

CARA MENCINTAI SESEORANG YANG TIDAK SEMPURNA DENGAN CARA YANG SEMPURNA

Ketika kita bertemu orang yang tepat untuk dicintai, ketika kita berada di tempat pada saat yang tepat, itulah kesempatan. Ketika kita bertemu dengan seseorang yang membuatmu tertarik, itu bukan pilihan, itu kesempatan. Bertemu dalam suatu peristiwa bukanlah pilihan, itupun adaah kesempatan.
Bila kita memutuskan untuk mencintai orang tersebut, bahkan dengan segala kekurangannya, itu bukan kesempatan, itu adalah pilihan. Ketika kita memilih bersama dengan seseorang walaupun apapun yang terjadi, itu adalah pilihan. Bahkan ketika kita menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih menarik, lebih pandai, lebih kaya daripada pasanganmu dan tetap memilih untuk mencintainya, itulah pilihan.

Perasaan cinta, simpatik, tertarik, datang bagai kesempatan pada kita. Tetapi cinta sejati yang abadi adalah pilihan. Pilihan yang kita lakukan. Berbicara tentang pasangan jiwa, ada suatu kutipan dari film yang mungkin sangat tepat : "nasib membawa kita bersama, tetapi tetap bergantung pada kita bagaimana membuat semuanya berhasil" pasangan jiwa bisa benar-benar ada. Dan bahkan sangat mungkin ada seseorang yang diciptakan hanya untukmu. Tetapi tetap berpulang padamu untuk melakukan pilihan apakah engkau ingin melakukan sesuatu untuk mendapatkannya, atau tidak...
Kita mungkin kebetulan bertemu pasangan jiwa kita, tetapi mencintai dan tetap bersama pasangan jiwa kita, adalah pilihan yang harus kita lakukan. Kita ada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk dicintai tetapi untuk belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna
Read Comments

Rabu, 26 Mei 2010

SENDIRIKU HANYA UNTUK MENANTINYA

qu duduk sendiri bukan untuk menatap kekosongan,
bukan pula karena merasa kesepian

qu duduk sendiri menantinya,
menantinya kembali dari kerjanya...
menantinya dengan penuh kesabaran.

qu sendiri sambil menikmati menit2 menunggu kedatangannya.
tak ingin mengganggunya bekerja dengan egoku.
Hanya ingin menyambutnya dengan sepenuh hati,
dengan senyman terindah yang bisa aku persembahkan untuknya.

Karena qu ingin dy tau,
SENDIRIKU HANYA UNTUK MENANTINYA

Read Comments

Kamis, 20 Mei 2010

ALAM INDONESIA ( PERAIRAN)

Sebagai negara kepulauan, tak heran jika Indonesia menyimpan begitu banyak ‘permata’ di balik lautnya. Terumbu karang yang cantik dengan penghuninya yang tidak kalah beragam tersebar di berbagai daerah. Majalah Unearthing Asia memilih 8 lokasi menyelam favorit di Indonesia. Sebelum berkeliling ke negara lain, Anda harus mendatangi tempat-tempat ini!

Bintan, Riau

Bintan menawarkan 18 km pantai pasir putih dengan biota laut yang kaya. Tidak jauh dari pantai, Anda bisa melihat ngarai laut sedalam 8 meter dengan dasar yang rata, tempat yang sempurna untuk belajar menyelam. Anda juga bisa menjelajahi kapal tanker tua yang telah lama tenggelam.

Pulau Seribu, Jakarta

Jika kita membayangkan Jakarta, maka yang muncul di benak adalah gedung bertingkat dan jalanan macet. Siapa sangka, di Jakarta kita juga bisa menikmati keindahan laut. Kepulauan Seribu, rumah bagi terumbu karang yang cantik, hanya berjarak satu hingga dua jam dari dermaga Marina, Jakarta dengan kapal cepat. Beberapa pulau yang terkenal adalah Pulau Kotok Besar, Pulau Kotok Kecil, Karang Bongkok, Pulau Sepa dan Pulau Pantara. Anda cukup menyewa kapal yang lebih kecil untuk menuju lokasi menyelam, yang tidak kalah indah dengan daerah lain di Indonesia.


Karimun Jawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimun Jawa, yang terkenal dengan kekayaan terumbu karangnya.

Selain Kepulauan Seribu, Laut Jawa masih memiliki surga terumbu karang lain, yaitu di utara Semarang, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun Jawa terdiri dari 27 pulau yang dilingkupi deretan terumbu karang koral biru Acropora. Di Karimun Jawa Anda juga bisa melihat bangkai Indonour, kapal dagang yang tenggelam tahun 1955. Jangan lupa berenang dengan bayi hiu di lokasi penangkaran!

Terumbu Karang di Karimun Jawa, gambar diambil dari atas kapal.

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Sekitar 50 mil Tanjung Redeb, Ibukota Kabupaten Berau, terdapat terumbu karang yang spektakuler dan gua bawah laut. Derawan memiliki lebih dari 17 lokasi menyelam, dengan keunikan tersendiri. Beberapa lokasi paling terkenal adalah sekitar Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban dan Pulau Maratua.

Di Sangalaki, Anda bisa melihat berbagai jenis ikan pari, sotong dan hiu macan. Anda juga bisa mengamati kura-kura raksasa meletakkan telur di malam hari. Sedangkan di Pulau Kakaban terdapat danau air asin berisi ubur-ubur tak bersengat. Dan di Pulau Maratua, Anda akan menemukan barakuda serta tuna. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat hiu martil dan delapan jenis lumba-lumba.

Pulau Komodo, Flores

Tidak hanya komodo yang mengisi Pulau Komodo. Di bawah laut, terdapat berbagai jenis ikan bewarna-warni yang sangat indah. Lokasi menyelam di Pulau Komodo, seperti Sebayour Kecil, Pulau Tengah Kecil dan Pantai Merah, adalah salah satu yang terindah di Indonesia. Anda juga bisa menuju daerah barat Flores seperti Pulau Tatawa, Pulau Tatawa Kecil, Pulau Rinca and Pulau Nusa Node.

Nusa Penida, Bali

Pulau Nusa Penida terletak satu jam dari Bali, dan memiliki salah satu terumbu karang paling sehat yang bisa terlihat jelas dari jarak 15 hingga 35 meter. Ada berbagai lokasi menyelam di daerah utara pantai. Silakan mencoba menyelam di Blue Corner, Nusa Lembongan dan Gamat, untuk Anda yang sudah berpengalaman dan mencari tantangan.

Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken punya reputasi internasional untuk keindahan 16 lokasi menyelamnya, termasuk lereng 30 meter yang menjadi rumah berbagai spesies ikan dan biota laut. Beberapa lokasi menyelam utama adalah Pulau Sialdoen, Gangga, Mantehage, Nine dan gunung berapi laut bernama Manado Tua.

Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Masih di Sulawesi Utara, terdapat satu lagi surga menyelam, yaitu di Selat Lembeh. Lokasi ini terkenal dengan biota lautnya yang unik, seperti gurita bunglon, kuda laut mini, ikan katak dan sotong flamboyan. Namun hati-hati, Selat Lembeh hanya cocok untuk penyelam berpengalaman.

Read Comments

Rabu, 19 Mei 2010

Pria – Wanita: Siapa si Jagoan Bohong?

Semua orang pasti pernah berbohong dalam hidupnya, tidak peduli gender dan status sosial. Namun siapa yang lebih sering berbohong? Pria atau wanita? Science Museum, sebuah organisasi di Inggris meneliti 3000 orang dan menemukan bahwa yang lebih sering adalah… Pria.

Responden pria dalam survey mengaku berbohong tiga kali sehari. Sedangkan para wanita berbohong dua kali sehari. Memang terdengar sedikit, namun jika dihitung selama setahun, maka jumlah kebohongan pria adalah 1092 sedangkan wanita 728 kali.

Meski wanita lebih jarang berbohong, mereka lebih ahli dalam hal ini. Lebih dari 50% responden mengakui keahlian wanita dalam berbohong. Mereka juga cenderung lebih mudah merasa bersalah. 82% wanita menyesal telah berbohong, dibandingkan hanya 72% pria yang mengaku menyesal.

Kebohongan tidak selalu pada pasangan. Baik pria dan wanita sama-sama paling sering berbohong pada ibu. Setidaknya 25% pria dan 20% wanita mengaku sudah pernah membohongi ibu, dibandingkan 10% yang berbohong pada pasangan.

Lantas, kebohongan apa yang paling sering dilakukan? Nomor satu di daftar wanita adalah “Saya baik-baik saja kok!” diikuti “Saya tidak tahu itu dimana. Saya tidak pegang sama sekali.” Mungkin mengacu pada barang yang dihilangkan. Sedangkan di daftar pria, “Saya tidak minum atau ngapa-ngapain kok,” menempati ranking pertama.

Berikut ini yang termasuk daftar kebohongan tersering:
•“Saya sudah di jalan, kok" (#5 untuk pria, #7 untuk wanita)
•"Lagi macet, nih" (#6 untuk pria)
•"Lagi diskon, kok" (#6 untuk wanita)
•"Saya lagi pusing”
•"Kamu lebih langsing.”(#9 untuk wanita)
•"Maaf, tadi saya tak bisa angkat telepon” dan “Ini barang lama kok” (#8 untuk pria dan wanita)

Dan yang terakhir, kebohongan tersering peringkat 10 bagi pria dan wanita adalah.. “Inilah yang selalu saya inginkan!”
Read Comments

Selasa, 18 Mei 2010

Suhu Danau Tertua di Dunia Makin Panas

Danau Tanganyika, danau tertua kedua dan terdalam kedua di dunia, saat ini lebih hangat dibandingkan dengan kondisi temperatur pada 1.500 tahun lalu.

Inilah sebuah analisis baru yang dirilis oleh sebuah tim peneliti seperti ditulis di livescience.com pada Minggu, 16 Mei 2010.

Danau yang terletak di Afrika Timur ini telah mengalami pemanasan yang belum pernah terjadi sebelumnya selama lebih dari satu abad terakhir. Bahkan, suhu di permukaan perairan juga mencapai rekor terpanas. Air hangat yang terkait dengan penurunan produksi ikan, kemungkinan akan berdampak pada stok ikan dimana jutaan orang yang bergantung pada danau ini.

Danau ini terbentuk ketika dua keping kerak benua terbelah, kemudian meluas hingga akhirnya menjadi cekungan selama jutaan tahun. Keretakan ini merupakan bagian dari celah raksasa di Afrika yang pada akhirnya disebut-sebut bisa menciptakan laut baru.

Kini, usia danau Tanganyika sekitar 13 juta tahun dengan kedalaman hampir satu mil atau 1,5 kilometer. Ini adalah danau terdalam kedua di dunia, setelah Danau Baikal di Siberia dengan kedalaman 1,64 kilometer.

Para peneliti mengambil sampel inti dari dasar danau, yang meletakkan sebuah sejarah suhu danau pada 1.500 tahun lalu. Ini adalah rekaman pertama terkait perubahan suhu danau dalam rentang waktu tersebut.

Saat diukur pada 2003, tingkat suhu rata-rata danau adalah 78,8 derajat Fahrenheit (26 derajat Celcius). Ini adalah suhu danau paling hangat dalam periode 1.500 tahun tersebut.

Danau Tanganyika juga mengalami perubahan suhu terbesar pada abad ke-20. Bahkan, perubahan suku tersebut telah mempengaruhi ekosistem unik yang terjadi secara alami. Biasanya, rantai makanan secara alami terangkat dari bagian kedalaman danau bergerak ke atas yang menjadi sumber makanan dan kehidupan bagi ikan-ikan.

"Data kami menunjukkan hubungan yang konsisten antara suhu permukaan danau dan produktivitas (seperti stok ikan)," kata ahli geologi, Jessica Tierney dari Brown University. "Ketika danau semakin hangat, kami perkirakan produktivitas ikan akan menurun. Itu akan mempengaruhi industri perikanan."

Pemanasan global diduga menjadi biang keladi produktivitas danau menurun karena telah menciptakan perbedaan kepadatan air secara mencolok. Air di permukaan menjadi jauh lebih hangat daripada air di kedalaman.

Secara alamiah, air dingin lebih padat daripada air hangat. Kini, air permukaan yang jauh lebih hangat dan kurang padat cenderung untuk menolak atau bercampur dengan air dingin di bawahnya. Ini mengakibatkan angin lebih sulit untuk mengaduk air, siklus nutrisi atau makanan, hingga oksigen antara bagian permukaan dengan bagian dalam danau.

Sejauh ini sekitar 10 juta orang tinggal dekat danau. Mencari ikan adalah mata mata pencaharian dan sumber makanan utama bagi penduduk di sekitar danau. Menurut laporan Proyek Keanekaragaman Hayati Danau Tanganyika pada 2001, sekitar 200.000 ton ikan sarden dan empat spesies ikan lainnya dipanen setiap tahun dari danau ini.

Danau Tanganyika berbatasan dengan Burundi, Republik Demokratik Kongo, Tanzania, dan Zambia. Menurut United Nations Human Development Index, empat negara tersebut termasuk dalam kategori negara-negara termiskin di dunia.

Read Comments

Minggu, 16 Mei 2010

Gebyar Wisata Nusantara 2010

Waktu:
27 - 30 Mei 2010

Tempat:
Hall JCC, Senayan, Jakarta, Indonesia

Keterangan:
Gebyar Wisata Nusantara merupakan salah satu even tahunan yang diselenggarakan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata danWahyu Promocitra, yang bertujuan untuk mensukseskan Tahun Kunjungan Indonesia 2010 melalui peningkatan jumlah wisatawan mncanegara dan angka perjalanan wisatawan nusantara (wisnus).

Gebyar Wisata Nusantara kali ini menampilkan lebih dari 250 objek wisata unggulan daerah mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata bahari, wisata religi, wisata agro, wisata air, wisata kuliner, wisata outbond, paket wisata domestik, produk cenderamata, kerajinan, dll

Selain pameran, diadakan sejumlah acara menarik dna penting untuk disaksikan, seperti: Dialog Nasional Wisata Nusantara, Bursa Paket Wisata Nusantara, Indonesia Hotel, Restaurant & Table Top, Festival Tari Nusantara, peragaan busana, pengantin nusantara, peragaan batik nusantara, demo membatik nusantara, festival Band Indie ethnic, lomba foto wisata nusantara, lomba mewarnai nusantara.

Read Comments

Gemuk yang Tak Terduga

Kelebihan kalori bukan satu-satunya penyebab berat badan terus bertambah. Ada banyak faktor tak terduga lain yang membuat target mendapatkan berat badan proporsional lebih sulit tercapai.

1. Kurang tidur Ada dua hal yang berkaitan dengan tidur dan kegemukan. Pertama, makin sering Anda begadang makin mungkin Anda ngemil di malam hari yang berakibat pada ekstra kalori yang diasup. Hal kedua adalah yang berkaitan dengan zat kimia dalam tubuh. Saat kita begadang, hormon yang memicu nafsu makan akan dikeluarkan, akibatnya kita akan merasa kelaparan saat bangun tidur. Hormon ini juga membuat perut tidak pernah merasa kenyang.

2.Stres Saat kita didera berbagai persoalan dan kesibukan, tubuh akan beradaptasi dengan cara mengeluarkan hormon kortisol atau hormon stres. Hormon ini bisa meningkatkan nafsu makan sehingga tak heran bila saat dikejar deadline atau sedang stres, kita akan mengasup lebih banyak makanan.

3. Obat-obatan Obat antidepresan adalah salah satu jenis obat yang bisa meningkatkan berat badan, terutama jika diminum dalam jangka panjang. Obat lain yang perlu diwaspadai adalah obat untuk gangguan mental, obat hipertensi, obat migren, dan diabetes.

4. Hipertiroid Bila kelenjar tiroid (berada di sekitar leher, berbentuk seperti kupu-kupu) tidak mampu memproduksi hormon tiroid dengan cukup, kita akan merasakan gejala mudah lelah, lemas, dan berat badan naik. Bila tubuh kekurangan tiroid, metabolisme akan berjalan lambat sehingga tubuh menjadi gemuk.

5. Hobi minuman manis Meski masih diperdebatkan para ahli, nyatanya kasus obesitas di Amerika terus meningkat seiring dengan makin populernya minuman manis dalam kemasan. Selain rasa manis dan kalori berlebih, gula tidak memberi manfaat apa pun. Karena itu, batasi konsumsi minuman manis, termasuk softdrink dan belajarlah mengonsumsi air putih setiap hari.

Read Comments

Jumat, 14 Mei 2010

Cara merubah tampilan Mozilla Firefox


Bosan dengan tampilan atau layout browser kesangan anda yakni si Mozilla firefox?, segera rubah tampilan nya dengan berbagai layout keren berikut. Namanya juga manusia Gun ga pernah puas, Pilihan Layout al :

Alami :
Bagi yang suka bernuansa alam ( terdiri dari berbagai Item )Langsung ke Link berikut " Copy Paste alamat ini "
https://addons.mozilla.org/id/firefox/browse/type:2/cat:29?sort=name
maaf tidak memberikan link langsung karena alasan Link keluar (SEO)


Binatang :
Bagi yang Hoby dengan binatang2 lucu
https://addons.mozilla.org/id/firefox/browse/type:2/cat:30?sort=name


Modern :
Keren dengan Nuansa Modern bgt
https://addons.mozilla.org/id/firefox/browse/type:2/cat:62?sort=name&show=20


Olah raga :
Suka Yang berpenampilan Sport, monggo Pilih ini
https://addons.mozilla.org/id/firefox/browse/type:2/cat:26?sort=name


Retro :
Waawoo Layout yang keren, saya pilih yang ini
https://addons.mozilla.org/id/firefox/browse/type:2/cat:31?sort=name&show=20


dan Masih ada pilihan lain, sesuaikan dengan hoby sobat, atau sebaiknya ambil saja semua.


Cara menginstal tema
  • Langsung ke alamat ulr diatas.
  • Ketika Anda melihat salah satu yang ingin anda instal, klik di atasnya untuk melihat halaman tema.
  • Klik pada tombol Tambahkan ke Firefox. Instalasi Perangkat Lunak window akan muncul.
  • Ketika tombol Instal Sekarang telah tersedia, klik di atasnya.
  • Klik Restart Firefox saat diminta. Firefox akan restart dan tema baru Anda akan diinstal.

Read Comments

WAJIB BACA BUAT PARA MANIAK LAPTOP

MANIAK LAPTOP BISA MANDUL??????

Ternyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak penggunaan laptop bagi kesehatan individu pemakainya. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefisien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa kemanapun dan mudah digunakan untuk internetan. Didukung dengan berbagai fasilitas hotspot (wi-fi) di café-café, alun-alun dan berbagai sekolah. Hal inilah yang menyebabkan laptop semakin nge-trend di masyarakat. Namun efisiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin kenamanan dan kesehatan pemakai.

Lantas apa hubungannya dengan kasus mandul? Sebagai perbandingan, jauh sebelum orang mengenal komputer, pada abad ke -18, Ismail seorang Sultan di Maroko memecahkan rekor dunia dengan memiliki 888 anak. Kini ketika teknologi semakin maju rupanya semakin mudah menemukan pria yang sulit mendapatkan keturunan.

Kurangnya kemampuan pria untuk membuahi atau potentia generandi bisa disebabkan karena pola hidup tidak sehat, seperti makanan yang tidak sehat, obat-obatan, alkohol dan nikotin pada rokok. Namun di era digital ini, salah satu alas an kemandulan yang tidak diketahui kebanyakan masyarakay adalah laptop. Lantas bagaimana bisa laptop menjadi ancaman produk laki-laki ni? Hal ini terkait dua hal yaitu posisi duduk dan heat pada laptop.

POSISI DUDUK

Ketika kita internetan di alun-alun atau tempat yang tidak menyediakan fasilitas tempat duduk dan meja yang nyaman, apa yang Anda lakukan? Jelas jawabannya duduk dan memangku laptop. Untuk para jejaka-jejaka atau pria dimanapun Anda berada segera hentikan posisi ini. Ketika Anda memangku laptop, posisi testis akan terjepit dan bila berlangsung lama akan mempengaruhi kemampuan reproduksinya.

Sebuah penelitian terhadap 29 pria menunjukkan bahwa kombinasi antara posisi kaki seseorang saat memangku laptop, dan panas yang ditimbulkan prosesor dalam mesin itu, meningkatkan suhu buah zakar hingga 2,8 derajat Celcius. Yefim Sheynkin, pimpinan peneliti dari State University of New York di Stony Brook AS, berencana menyelidiki apakah panas laptop akan mempengaruhi kualitas dan kesuburan sperma para pemakai laptop yang biasa memangku mesinnya.

Namun Sheynkin mengatakan, penelitiannya menunjukkan penggunaan laptop terus menerus dengan memangkunya juga akan menjadi factor resiko terhadap kesuburan seseorang, dan mungkin sifatnya tidak sementara. “Hal yang unik berkaitan dengan penggunaan laptop ini adalah bahwa ia tidak digunakan dalam jangka pendek atau peristiwa tertentu saja, namun berulang-ulang dengan panas yang sama, beberapa jam sehari selama bertahun-tahun.”

Sebagai tambahan resiko, posisi duduk ini juga dampak bungkuknya tulang belakang. Resiko paling ringan yang Anda derita adalah ngilu pada otot-otot paha setelah bermain internetan berjam-jam. Hal ini terjadi karena kaki Anda memaksa untuk menjepit laptop, dan otomatis kaki Anda tegang. Bagi yang kurang beruntung karena terkena udara dingin kram akan mengancan Anda.

HEAT LAPTOP

Selain posisi duduk, masalah lain yang memberikan kontribusi kemandulan pria adalah panas laptop. Dari hasil penelitian State University of New York (SUNY) diketahui, bahwa laptop pada pangkuan berperan besar dalam peningkatan suhu testis. Lebih lanjut dr. Susanto Suryaatmadja MS. Sp.And, spesialis andrologi dari RSU dr. Soetomo, Surabaya menyatakan “Laptop yang dioperasikan dengan cara dipangku menimbulkan suhu tinggi yang bisa memanaskan daerah scrotum (buah pelir)”. Padahal, buah pelir adalah lokasi “pabrik” sperma.s

Sebagai contoh, Majal Chip pernah melakukan test panas dengan menggunakan perangkat thermal imager atau thermal camera. Alat ini bekerja dengan merekam pancaran radiometric dengan sebuah grid titik-titik ukur. Dengan demikian dalam setiap foto thermal dapat disimpan 12.288 nilai suhu. Titik-titik ini kemudian dianalisis setelah pengukuran. Kamera akan menampilkan nilai minimum dan maksimum lalu diikuti dengan penentuan suhu akurat dari area sebuah titik cursor.

Pada laptop Apple Mac-book pro, setelah digunakan selama 10 menit, area panas pertama pada permukaan casing yang menunjukkan suhu 40. Ketika seseorang memangku laptop dengan menggunakan celana jeans, ternyata celana jeans tersebut ikut memanas dengan suhu di atas 40. Dengan suhu setinggi ini bukan hanya berarti potential generandi-nya terancam, tetapi juga bisa menyebabkan luka bakar ringan. Jika laptop tetap digunakan dalam waktu yang lama, area panas keyboard di kiri bawah dan di atas keyboard dekat layar bia mencapai 60. Disini luka bakar pada lengan bawah kemungkinan terjadi jika laptop digunakan berjam-jam.

Ancaman ini tidak hanya terjadi pada produk Apple saja, tetapi masih banyak laptop merk lain yang mempunyai tingkat panas yang sama. Sumber panas laptop sebenarnya berasal dari prosesor dan graphics card high end dengan perfoma tinggi pada laptop yang biasanya ada pada laptop gaming.

LANGKAH PROTEKSI

Bagi laki-laki berusia 15-25 tahun sangat tidak dianjurkan untuk memangku laptop, karena masa ini dikenal dengan masa penting-pentingnya. Apalagi bagi yang belum menikah dan belum mempunyai anak sebaiknya segera hentikan kebiasaan memangku laptop. Lantas tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalisir efek panas laptop ini.

UBAH POSISI

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan laptop layaknya menggunakan alas ketika memangku laptop. Jika punya rejeki lebih Gigabyte lewat produknya G-Pad memberikan solusi tersendiri. Alas aluminium dapat dibuka dan memberikan manfaat untuk melindungi paha dari terpaan panas juga dapat membantu menyingkirkan panas lebih cepat sehingga system lebih stabil dan dingin.

PILIH-PILIH PERANGKAT

Pilihan terhadap barang-barang hemat energy tidak saja memberikan kontribusi untuk menghemat tagihan listrik tetapi juga memberikan kontribusi dalam menurunkan panas pada laptop. Cara untuk mengurangi panas laptop bisa dengan memilih prosesor dan chips graphics yang lebih hemat energy yang banyak ditawarkan di pasaran. Selain pemilihan hard disk, pemilihan wall power supply (adaptor) yang dipakai untuk menghidupkan banyak perangkat kecil seringkali berperan menyedot listrik. Power supply menggunakan tipe saklar memiliki efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan tipe trafo.

Di pasaran sendiri mulai banyak ditawarkan power supply dengan efisiensi di atas 80% atau disebut 80PLUS. Jika Anda mengira dengan menggunakannya bisa menghemat energy Anda salah. Power supply dengan daya maksimal 350W sebenarnya lebih ideal untuk PC standar dibandingkan 80PLUS model 500W yang ternyata mengkonsumsi listrik lebih besar. Begitu pula dengan panas yang disumbangkannya, bila feature 80PLUS 500W suhunya 75. Maka power supply 350W hanya berkisar 65.

Untuk layar computer dapat digunakan produk LED backlight. Memang LED sebenarnya juga mengeluarkan panas, tetapi tidak intens karena terdistribusi ke belakang layar. Berbeda dengan CCFI (Cold Cathode Fluorescent Lamp) yang lebih banyak menyerap listrik dan color scen-nya pun lebih rendah jika dibandingkan LED.

Pemilihan laptop dengan posisi benar dan pemilihan alat hemat energy dapat menghindarkan resiko kesehatan bagi penggunanya. Kemandulan tidak hanya mengecewakan pria, tetapi juga menyiksa pasangannya. Jika Anda gemar laptop, usahakan tip-tip di atas agar tidak mandul
Read Comments

Sabtu, 08 Mei 2010

keberuntungan

"Jika engkau mempunyai makanan di lemari es, pakaian yang menutup tubuhmu, atap di atas kepalamu dan tempat untuk tidur, maka engkau lebih kaya dari 75% penduduk dunia ini."

"Jika engkau memiliki uang di bank, di dompetmu, dan uang-uang receh, maka engkau berada diantara 8% kesejahteraan dunia."

"Dan jika engkau mendapatkan pesan ini di komputer mu, engkau adalah bagian dari 1% di dunia yang memiliki kesempatan itu."

Juga.... "Jika engkau bangun pagi ini dengan lebih banyak kesehatan daripada kesakitan ... engkau lebih diberkati daripada begitu banyak orang di dunia ini yang tidak dapat bertahan hidup hingga hari ini."

"Jika engkau tidak pernah mengalami ketakutan dalam perang, kesepian dalam penjara, kesengsaraan penyiksaan, atau kelaparan yang amat sangat, maka engkau lebih beruntung dari 700 juta orang di dunia".

"Jika orangtuamu masih hidup dan masih berada dalam ikatan pernikahan ... maka engkau termasuk orang yang sangat jarang."

"Jika engkau masih bisa mencintai ... maka engkau termasuk orang yang besar, karena cinta adalah berkat Tuhan yang tidak didapat dari manapun."

"Jika engkau dapat menegakkan kepala dan tersenyum, maka engkau bukanlah seperti orang kebanyakan, engkau unik dibandingkan semua mereka yang berada dalam keraguan dan keputusasaan."

"Jika engkau dapat membaca pesan ini, maka engkau menerima berkat ganda, yaitu bahwa seseorang yang mengirimkan ini padamu berpikir bahwa engkau orang yang sangat istimewa baginya, dan bahwa engkau lebih diberkati dari pada lebih dari 2 juta orang di dunia yang bahkan tidak dapat membaca sama sekali".

Nikmatilah hari-harimu, hitunglah berkat yang telah Tuhan anugerahkan kepadamu. Dan jika engkau berkenan, kirimkan pesan ini ke semua teman-temanmu untuk mengingatkan mereka betapa. diberkatinya kita semua.

"Dan ingatlah tatkala Tuhanmu menyatakan bahwa, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambahkan lebih banyak nikmat kepadamu ."
Read Comments

Senin, 08 Maret 2010

MATA MINUS...??

Rabun jauh atau biasa disebut mata minus merupakan gangguan pada mata yang dianggap wajar atau lumrah oleh sebagian besar orang. Banyak di antara kita yang terserang jenis gangguan kesehatan mata tersebut karena mudah mengidentifikasi seperti memakai kacamata atau sulit mengenali orang dan membaca huruf kecil dari jarak jauh. Mata rabun jauh sulit untuk disembuhkan serta cenderung bertambah parah, sehingga diperlukan pencegahan atau penghindaran terhadap miopi mata.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan mata minus :

1. Jarak terlalu dekat membaca buku, menonton televisi, bermain videogames, main komputer, main hp ponsel, dll. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.

2. Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton.

3. Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal. Atur sedemikian rupa ruang rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh.

4. Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dan lain sebagainya.

5. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.

6. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu diporsir. Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk mata.


Untuk sedikit mengatasi mata yang lelah atau mata stres yang dapat berakibat pada kecacatan mata seperti rabun jauh / miopi / mata min dan rabun dekat / hiper metropi / mata plus, mata lelah dapat sedikit dibantu dengan melakukan latihan senam mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik.

Latihan senam mata mungkin saja dapat mengobati / menyembuhkan mata minus / rabun jauh serta mata plus / rabun dekat yang akan membebaskan anda dari kacamata dan lensa kontak yang terkadang membosankan dan menyebalkan. Bebas dari kaca mata jelas adalah dambaan dari sebagian besar penderita kelainan mata. Dan mereka tak segan mengeluarkan banyak uang untuk memiliki mata yang normal dan sehat.

LATIHAN 1 : Mata Melirik Ke Kiri Dan Ke Kanan

Latihan senam mata ini baik untuk membantu merangsang otot mata agar mata otot mata dapat dapat cekung dengan baik dan tidak kaku. Caranya adalah dengan :

1. Pandangan lurus ke depan.
2. Tangan kanan berada di sebelah kanan badan sejajar leher.
3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
4. Lihat jari anda dengan fokus dengan cara menoleh ke kanan.
5. Palingkan wajah anda ke kiri perlahan tanpa kehilangan pandangan fokus anda ke jari tadi.
6. Tahan pandangan ketika merasa mata sudah maksimal.
7. Ketika sudah lelah bebaskan mata anda dengan melihat yang jauh.

Tips :
- Lakukan ke arah yang berbeda seperti ke kiri, bawa, atas, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah, dan lain sebagainya.
- Kemungkinan dapat menimbulkan rasa pusing dan mual. Itu tandanya mata anda butuh latihan ini.
- Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau memejamkan mata sambil tiduran.
- Senam ini mungkin dapat mengobati rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
- Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
- Sebaiknya jangan terlalu lama, sekitar 10 sampai 30 detik saja tiap lirikan.
- Setelah latihan mata mungkin mata anda jadi agak tidak nyaman untuk melihat benda-benda yang dekat jaraknya.
- Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pohon jauh dan dekat tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
- Semoga mines / ples anda berkurang. Kalau sudah merasa berkurang ganti kacamata anda agar tidak memakai kacamata yang sekarang yang dapat mengembalikan cacat mata anda ke sediakala.

LATIHAN 2 : Fokus Pandangan Mata Jauh Dekat

Latihan berikut ini dapat membantu otot mata anda agar bergerak ke fokus jauh dan fokus dekat. Namun latihan ini mungkin dapat membuat mata anda agak buram kembali setelah melakukan latihan 1 di atas. Mingkin ada baiknya melalukan latihan 2 dulu baru yang 1, atau hanya melakukan latihan 1 saja bagi yang bermasalah rabun jauh.

1. Pandangan lurus ke depan.
2. Tangan kanan berada di depan badan sejajar leher.
3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
4. Lihat jari anda dengan fokus.
5. Gerakkan jari maju mundur pelan-pelan dan mata tetap fokus mengikuti gerakan jari.
6. Setelah beberapa kali maju mundur lepaskan mata dengan melihat benda-benda jauh.

Tips :
- Tips ini mungkin akan lebih terlihat hasilnya pada orang yang matanya mines rendah.
- Bagi yang mines tinggi sebaiknya jangan dipaksakan karena belum tentu membawa hasil.
- Kemungkinan latihan ini bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.
- Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau merem sambil tiduran.
- Senam ini mungkin dapat meneymbuhkan rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
- Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
- Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pepohonan tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
- Segera hubungi dokter spesialis mata jika mengalami gangguan.
Read Comments
Ada kesalahan di dalam gadget ini