Jumat, 14 Mei 2010

WAJIB BACA BUAT PARA MANIAK LAPTOP

MANIAK LAPTOP BISA MANDUL??????

Ternyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak penggunaan laptop bagi kesehatan individu pemakainya. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefisien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa kemanapun dan mudah digunakan untuk internetan. Didukung dengan berbagai fasilitas hotspot (wi-fi) di café-café, alun-alun dan berbagai sekolah. Hal inilah yang menyebabkan laptop semakin nge-trend di masyarakat. Namun efisiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin kenamanan dan kesehatan pemakai.

Lantas apa hubungannya dengan kasus mandul? Sebagai perbandingan, jauh sebelum orang mengenal komputer, pada abad ke -18, Ismail seorang Sultan di Maroko memecahkan rekor dunia dengan memiliki 888 anak. Kini ketika teknologi semakin maju rupanya semakin mudah menemukan pria yang sulit mendapatkan keturunan.

Kurangnya kemampuan pria untuk membuahi atau potentia generandi bisa disebabkan karena pola hidup tidak sehat, seperti makanan yang tidak sehat, obat-obatan, alkohol dan nikotin pada rokok. Namun di era digital ini, salah satu alas an kemandulan yang tidak diketahui kebanyakan masyarakay adalah laptop. Lantas bagaimana bisa laptop menjadi ancaman produk laki-laki ni? Hal ini terkait dua hal yaitu posisi duduk dan heat pada laptop.

POSISI DUDUK

Ketika kita internetan di alun-alun atau tempat yang tidak menyediakan fasilitas tempat duduk dan meja yang nyaman, apa yang Anda lakukan? Jelas jawabannya duduk dan memangku laptop. Untuk para jejaka-jejaka atau pria dimanapun Anda berada segera hentikan posisi ini. Ketika Anda memangku laptop, posisi testis akan terjepit dan bila berlangsung lama akan mempengaruhi kemampuan reproduksinya.

Sebuah penelitian terhadap 29 pria menunjukkan bahwa kombinasi antara posisi kaki seseorang saat memangku laptop, dan panas yang ditimbulkan prosesor dalam mesin itu, meningkatkan suhu buah zakar hingga 2,8 derajat Celcius. Yefim Sheynkin, pimpinan peneliti dari State University of New York di Stony Brook AS, berencana menyelidiki apakah panas laptop akan mempengaruhi kualitas dan kesuburan sperma para pemakai laptop yang biasa memangku mesinnya.

Namun Sheynkin mengatakan, penelitiannya menunjukkan penggunaan laptop terus menerus dengan memangkunya juga akan menjadi factor resiko terhadap kesuburan seseorang, dan mungkin sifatnya tidak sementara. “Hal yang unik berkaitan dengan penggunaan laptop ini adalah bahwa ia tidak digunakan dalam jangka pendek atau peristiwa tertentu saja, namun berulang-ulang dengan panas yang sama, beberapa jam sehari selama bertahun-tahun.”

Sebagai tambahan resiko, posisi duduk ini juga dampak bungkuknya tulang belakang. Resiko paling ringan yang Anda derita adalah ngilu pada otot-otot paha setelah bermain internetan berjam-jam. Hal ini terjadi karena kaki Anda memaksa untuk menjepit laptop, dan otomatis kaki Anda tegang. Bagi yang kurang beruntung karena terkena udara dingin kram akan mengancan Anda.

HEAT LAPTOP

Selain posisi duduk, masalah lain yang memberikan kontribusi kemandulan pria adalah panas laptop. Dari hasil penelitian State University of New York (SUNY) diketahui, bahwa laptop pada pangkuan berperan besar dalam peningkatan suhu testis. Lebih lanjut dr. Susanto Suryaatmadja MS. Sp.And, spesialis andrologi dari RSU dr. Soetomo, Surabaya menyatakan “Laptop yang dioperasikan dengan cara dipangku menimbulkan suhu tinggi yang bisa memanaskan daerah scrotum (buah pelir)”. Padahal, buah pelir adalah lokasi “pabrik” sperma.s

Sebagai contoh, Majal Chip pernah melakukan test panas dengan menggunakan perangkat thermal imager atau thermal camera. Alat ini bekerja dengan merekam pancaran radiometric dengan sebuah grid titik-titik ukur. Dengan demikian dalam setiap foto thermal dapat disimpan 12.288 nilai suhu. Titik-titik ini kemudian dianalisis setelah pengukuran. Kamera akan menampilkan nilai minimum dan maksimum lalu diikuti dengan penentuan suhu akurat dari area sebuah titik cursor.

Pada laptop Apple Mac-book pro, setelah digunakan selama 10 menit, area panas pertama pada permukaan casing yang menunjukkan suhu 40. Ketika seseorang memangku laptop dengan menggunakan celana jeans, ternyata celana jeans tersebut ikut memanas dengan suhu di atas 40. Dengan suhu setinggi ini bukan hanya berarti potential generandi-nya terancam, tetapi juga bisa menyebabkan luka bakar ringan. Jika laptop tetap digunakan dalam waktu yang lama, area panas keyboard di kiri bawah dan di atas keyboard dekat layar bia mencapai 60. Disini luka bakar pada lengan bawah kemungkinan terjadi jika laptop digunakan berjam-jam.

Ancaman ini tidak hanya terjadi pada produk Apple saja, tetapi masih banyak laptop merk lain yang mempunyai tingkat panas yang sama. Sumber panas laptop sebenarnya berasal dari prosesor dan graphics card high end dengan perfoma tinggi pada laptop yang biasanya ada pada laptop gaming.

LANGKAH PROTEKSI

Bagi laki-laki berusia 15-25 tahun sangat tidak dianjurkan untuk memangku laptop, karena masa ini dikenal dengan masa penting-pentingnya. Apalagi bagi yang belum menikah dan belum mempunyai anak sebaiknya segera hentikan kebiasaan memangku laptop. Lantas tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalisir efek panas laptop ini.

UBAH POSISI

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan laptop layaknya menggunakan alas ketika memangku laptop. Jika punya rejeki lebih Gigabyte lewat produknya G-Pad memberikan solusi tersendiri. Alas aluminium dapat dibuka dan memberikan manfaat untuk melindungi paha dari terpaan panas juga dapat membantu menyingkirkan panas lebih cepat sehingga system lebih stabil dan dingin.

PILIH-PILIH PERANGKAT

Pilihan terhadap barang-barang hemat energy tidak saja memberikan kontribusi untuk menghemat tagihan listrik tetapi juga memberikan kontribusi dalam menurunkan panas pada laptop. Cara untuk mengurangi panas laptop bisa dengan memilih prosesor dan chips graphics yang lebih hemat energy yang banyak ditawarkan di pasaran. Selain pemilihan hard disk, pemilihan wall power supply (adaptor) yang dipakai untuk menghidupkan banyak perangkat kecil seringkali berperan menyedot listrik. Power supply menggunakan tipe saklar memiliki efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan tipe trafo.

Di pasaran sendiri mulai banyak ditawarkan power supply dengan efisiensi di atas 80% atau disebut 80PLUS. Jika Anda mengira dengan menggunakannya bisa menghemat energy Anda salah. Power supply dengan daya maksimal 350W sebenarnya lebih ideal untuk PC standar dibandingkan 80PLUS model 500W yang ternyata mengkonsumsi listrik lebih besar. Begitu pula dengan panas yang disumbangkannya, bila feature 80PLUS 500W suhunya 75. Maka power supply 350W hanya berkisar 65.

Untuk layar computer dapat digunakan produk LED backlight. Memang LED sebenarnya juga mengeluarkan panas, tetapi tidak intens karena terdistribusi ke belakang layar. Berbeda dengan CCFI (Cold Cathode Fluorescent Lamp) yang lebih banyak menyerap listrik dan color scen-nya pun lebih rendah jika dibandingkan LED.

Pemilihan laptop dengan posisi benar dan pemilihan alat hemat energy dapat menghindarkan resiko kesehatan bagi penggunanya. Kemandulan tidak hanya mengecewakan pria, tetapi juga menyiksa pasangannya. Jika Anda gemar laptop, usahakan tip-tip di atas agar tidak mandul

0 komentar:

Posting Komentar

You are viewing "WAJIB BACA BUAT PARA MANIAK LAPTOP"
No Comment Add your own!
Filed under Label: , ,
Posted on 09.38
Subscribe through Atom feed.
Ada kesalahan di dalam gadget ini